Cara Sharing Printer

Posted on

Berikut Ini Cara Sharing Printer dengan computer / Laptop lain. Cukup mudah, hanya dengan beberapa langkah, kalian sudah bisa menghemat biaya.

Kalian tentu pernah melihat di tempat-tempat yang menyediakan layanan print dokumen seperti di warnet atau tempat photocopy mereka hanya menggunakan satu printer namun dpaat digunakan untuk banyak komputer.

Cara Sharing Printer

Cara ini disebut sharing printer, di mana kalian memberikan akses ke komputer lain suoaya dapat menggunakan printer yang sama. Ini dapat dilakukan apabila semua komputer itu saling terhubung dengan jaringan yang sama, entah itu menggunakan kabel LAN ataupun Wifi.

Biasanya di kawasan perkantoran juga biasanya menerapkan sharing printer, tujuannya adalah untuk menghemat biaya. Dapat kalian bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan apabila satu komputer harus mempunyai satu printer masing-masing, sedangkan penggunaan komputer ataupun laptop di kantor dapat mencapai puluhan dan bahkan ratusan bagi perusahaan besar.

Untuk lebih jelas lagi mengenai bagaimana cara sharing printer antara satu computer dengan komputer lain. Mari simak penjelasannya dibawah ini.

Isi Artikel :

Langkah Awal

Cara Sharing Printer

Supaya printer bisa dishare dan digunakan di komputer lain, kalian perlu melakukan beberapa pengaturan di bawah ini pada komputer / PC yang sudah terkoneksi dengan printer.

  1. Pertama-tama kalian buka menu Control Panel. Salah satu cara membukanya adalah dengan menekan tombol Windows + R kemudian kalian  ketik control panel lalu OK atau klik Enter.
  2. Apabila jendela menu Control Panel sudah terbuka. Untuk melakukan sharing printer, kalian terlebih dahulu perlu mengaktifkan File and printer sharing. Caranya adalah dengan memilih Network and Internet pada menu Control Panel.
  3. Setelah jendela Network and Internet terbuka, selanjutnya kalian pilih Network and Sharing Center.
  4. Kemudian kalian pilih Change advanced sharing settings.
  5. Untuk melakukan sharing file dan juga printer, pilih Turn on network discovery serta Turn on file and printer sharing. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna lain akan bisa mengakses file atau printer yang sudah kalian sharing.
  6. Langkah ini dapat dikatakan opsional, boleh kalian lakukan atau tidak. Jadi misalkan PC kalian melakukan sharing printer, dan PC kalian ini juga diberi password untuk login. Maka siapapun yang mau mengakses printer yang sudah dishare oleh PC kalian harus memasukkan password login PC kalian terlebih dahulu. Saya sarankan Anda menonaktifkan fitur ini, dengan cara klik All Networks.
  7. Scroll ke bawah lalu pilih Turn off password protected sharing. Dengan ini setiap komputer atau PC yang mau mengakses printer yang sudah dibagikan oleh PC kalian tidak perlu lagi memasukkan password login. Selanjutnya jangan lupa klik Save changes.
  8. Jika sudah mengaktifkan File and printer sharing, sekarang kalian dapat melakukan sharing printer. Buka kembali Control Panel lalu di kategori Hardware and Sound, kalian pilih View Devices and Printers.
  9. Selanjutnya, klik kanan pada salah satu printer yang mau kalian sharing lalu pilih Printer properties. Disini saya menggunakan printer tipe Epson L360 Series.
  10. Sekarang kalian pindah ke tab Sharing lalu centang Share this printer selanjutnya beri nama pada printernya (opsional). Selanjutnya klik OK.
BACA :  Daftar Harga Paket Tri Murah

Nah, printer yang sudah kalian share bisa digunakan oleh komputer lain yang sudah terhubung dalam satu jaringan yang sama dengan kalian. Berikut cara untuk mengakses printer yang sudah dishare itu melalui komputer lain.

Mengakses Printer Yang Sudah Dishare

Cara Sharing Printer
  1. Kalian juga harus melakukan sedikit pengaturan pada PC / laptop yang ingin mengakses printer yang sudah dishare tadi. Pastikan kalian juga mengaktifkan Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing. Selanjutnya pilih Save changes.
  2. Kalian dapat mengakses printer itu melalui File Explorer. Buka File Explorer dapat dengan cara menekan tombol Windows + E lalu pilih Network. Klik nama komputer yang sudah terhubung dengan printer.
  3. Selanjutnya akan terlihat apa saja yang sudah disharing oleh komputer itu dimana salah satunya adalah printer tersebut. Klik kanan pada printer lalu pilih Connect. Tunggu hingga proses Connecting selesai.
  4. Sekarang, kalian telah dapat mencetak dokumen kalian melalui printer yang sudah disharing tersebut. Ingat, saat ingin mencetak dokumen, kalian perlu memilih nama printer tersebut. Pastikan kalian memilih printer yang statusnya Ready.

Itulah langkah-langkah sharing printer dengan komputer lain, cara di atas juga dapat digunakan untuk versi windows 7, windows 8, dan windows 10. Dengan menerapkan sharing printer, semua komputer yang terhubung dalam satu jaringan dapat menggunakan printer yang sama.