Cara Memindahkan Aplikasi ke MicroSD

Posted on

Cara Memindahkan Aplikasi ke MicroSD – Di zaman Milenial ini, tak heran jika banyak orang – orang yang bergantung dengan smartphone. Bahkan banyak di antara mereka yang seperti zombie. Kenapa? Karena orang – orang itu hampir di tiap waktu yang hanya dilihat adalah smartphone. Terutama para kaum pecinta games. Para gamers yang tak bisa lepas dari smartphone, selalu tertarik dengan games meskipun banyak memakan memori dalam smartphone.

Nah, tak jarang banyak sekali para gamers yang kesulitan menginstall aplikasi dikarenakan memori internal yang tersedia di smartphone masih kurang cukup untuk menampung segala jenis games yang diinginkan. Bagaimana solusinya? Tentu saja dengan tambahan memory di luar memory internal dalam smartphone sendiri. Misalnya yaitu microSD.

MicroSD berguna untuk menambahkan ruang penyimpanan bagi si smartphone tersebut. Banyak sekali orang – orang yang menambahkan microSD untuk menambah daya tampung aplikasi dalam smartphone nya. Nah, jika sudah ada microSD, aplikasi yang terdapat di memory internal dapat dipindahkan ke memory microSD. Bagaimana cara memindahkan aplikasi yang sudah ada di memori internal ke memory eksternal?

Berikut ini akan dijelaskan tata cara atau langkah – langkah untuk memindahkan aplikasi dari memory internal ke memory eksternal. Simak terus yaa Trik Memindahkan Aplikasi ke MicroSD …

Pernahkah kamu menginstall aplikasi tetapi gagal atau tidak bisa selesai saat menginstall aplikasi? Atau, Pernahkah kamu kesulitan meng-update aplikasi? Setelah itu muncul keterangan harus menghapus beberapa aplikasi dikarenakan ruang penyimpanan yang tersedia tidak cukup untuk aplikasi tersebut jika ingin menginstall aplikasi atau meng-update aplikasi tersebut.

Atau bisa jadi muncul notifikasi bahwa ruang penyimpanan penuh dan harus menghapus ruang storage atau penyimpanan dikarenakan ruang penyimpanan penuh. Karena dapat mengganggu proses sistem lainnya. Atau saat kamu ingin berfoto atau membuat video tiba – tiba terhenti dan tidak bisa?

BACA :  Aplikasi Pemutus Jaringan Wifi

Pasti hampir semua orang pernah mengalami kendala seperti disebutkan di atas. Apa penyebab dari masalah – masalah tersebut? Hal itu dikarenakan ruang penyimpanan di dalam smartphone yang sudah cukup besar masih tetap tidak dapat menampung semua aplikasi dan data lainnya, seperti video, foto, dan lain – lainnya.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika aplikasi yang diinstall dapat dipindahkan ke memory microSD. Supaya ruang penyimpanan di memory internal tetap mempunyai ruang yang cukup untuk mengupdate aplikasi dan kebutuhan aplikasi bawaan lainnya.

Apa itu aplikasi bawaan? Aplikasi bawaan itu adalah aplikasi yang telah ada di smartphone tanpa harus kita install terlebih dahulu. Biasanya aplikasi bawaan seperti ini tidak dapat dipindahkan ke memory microSD atau dihapus atau diuninstall.

Berikut ini merupakan langkah – langkah atau tata cara memindahkan aplikasi ke memory microSD:

1. Memindahkan Aplikasi atau Data melalui Smartphone

Penting : Sebelum memindahkan aplikasi dari memory internal ke memory microSD, harus dipastikan terlebih dahulu bahwa kartu microSD sudah dimasukkan ke dalam smartphone atau terpasang di smartphone kamu.

Untuk mengetahui berapa banyak ruang penyimpanan yang telah terpakai, kamu dapat mengetahuinya di menu Storage atau Penyimpanan. Selain itu, kamu juga dapat memilih ruang penyimpanan yang ingin dipakai, baik itu memory eksternal atau pun memory internal.

Untuk aplikasi bawaan dari smartphone atau sudah ada tanpa perlu kita install, maka aplikasi tersebut tidak dapat dipindahkan ke memory eksternal karena aplikasi tersebut dapat mengganggu jalannya sistem sehingga tidak didukung untuk dapat dipindahkan.

BACA :  Soul Knight Mod

Cara Pertama

Langkah – langkah atau cara untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke kartu microSD, yaitu sebagai berikut:

  • Buka menu Settings atau Pengaturan pada smartphone.
  • Cari dan ketuk menu Apps atau Aplikasi atau Apl.
  • Pilih dan ketuk menu Storage atau Penyimpanan.
  • Pilih salah satu aplikasi yang ingin dipindahkan, dan pastikan memory di kartu microSD tersebut cukup yaa.
  • Akan muncul layar pop up untuk pilihan ruang penyimpanan, maka ketuk dan pilih SD Card.
  • Klik Move.
  • Tunggu sejenak, karena proses pemindahan data dalam aplikasi sedang berlangsung.
  • Setelah menunggu beberapa saat, maka proses pemindahan berhasil.

Cara ini dapat digunakan pada hampir semua ponsel android termasuk oppo, vivo, samsung, xiaomi, dll.

Cara Kedua

Jika kesulitan memindahkan aplikasi melalui menu Settings atau Pengaturan, bisa juga melalui file yang terdapat di beranda smartphone kamu yaitu File Manager.

Langkah – langkah atau tata cara memindahkan aplikasi dari memory internal ke memory microSD melalui File Manager yaitu sebagai berikut:

  • Cari dan ketuk File Manager.
  • Pilih aplikasi yang akan dipindahkan, misalkan JOOX.
  • Lalu ketuk dan tahan lama hingga muncul tanda centang seperti berikut ini:
  • Pilih dan ketuk pilihan Move atau Pindah.
  • Pindahkan ke memory microSD atau Kartu SD.
  • Tunggu sebentar, karena proses pemindahan data dalam aplikasi sedang berlangsung.
  • Setelah menunggu beberapa saat, maka proses pemindahan berhasil.

Untuk beberapa jenis smartphone memiliki nama menu yang dapat sedikit berbeda tetapi memiliki kegunaan atau fungsi yang sama.

2. Memindahkan Aplikasi atau Data melalui Komputer atau Laptop

Memindahkan data dari handphone ke komputer atau pun laptop termasuk cara yang cukup simple. Kamu memerlukan kabel data untuk memindahkan aplikasi atau data yang ingin kamu pindahkan.

BACA :  The Sims Mobile Mod

Perlu diingat. Kamu harus menggunakan kabel data jika memindahkan menggunakan laptop atau pun komputer.

Cara memindahkan aplikasi tersebut yaitu dengan:

  • Hubungkan handphone dan komputer menggunakan kabel data, setelah itu akan muncul menu window di komputer dan pop up di handphone.
  • Untuk di handphone, pilih Transfer file jika ingin memindahkan data atau aplikasi.
  • Setelah itu, di komputer, kita klik open device to view files.
  • Setelah masuk ke folder memori internal, pilihlah aplikasi yang akan dipindahkan.
  • Kemudian kita drag atau cut atau copy file dari folder aplikasi tersebut ke folder microSD atau eksternal.
  • Setelah proses berakhir maka aplikasi yang kita pindahkan tersebut telah berhasil dipindahkan.

Perlu diingat, jika ingin memindahkan melalui komputer atau laptop sebaiknya jangan memindahkan sistem atau aplikasi bawaan. Karena akan sulit dipindahkan dan membuat proses berlangsungnya pemindahan atau loading yang sangat lama.

Baca Juga:

Nah, itulah langkah – langkah atau tata cara dari trik pemindahan aplikasi ke microSD. Semoga artikel ini dapat membantu. Terima kasih telah berkunjung.